Jika dilihat dari interpersonal, maka akan terlihat ruang lingkup perteman seseorang. Didalam web kaskus, ada yang namanya kopdar atau bisa dikatakan kopi darat. Kopi darat ini bisa diartikan pertemuan didunia nyata atau didarat. Dalam pertemuan ini biasanya mereka bertemu dalam bakat, minat yang sama, atau bahkan mencari jodoh. Yang pada akhirnya akibat dari pertemuan ini, seseorang bisa menambahkan seorang teman, walaupun sebelumnya belum dia kenal sama sekali. Hubungan tersebut masuk kedalam hubungan sosial yang tidak terbentuk dengan tujuan untuk menyelesaikan suatu tugas yang tidak dapat dikerjakan oleh individu sendirian, misalnya menyelesaikan tugas kantor, kampus, atau sekolah, hubungan ini terbentuk (baik secara personal maupun sosial).

Hubungan intrapersonal ini ada jangka waktunya juga, entah jangka waktu pendek ataupun hubungan jangka panjang. Hubungan jangka pendek merupakan hubungan yang hanya berlangsung sebentar. Misalnya dia telah menambahkan teman yang sebelumnya tidak dia kenal, lalu kemudian dia hapus pertemanannya atau orang lain yang menghapus pertemanannya.

Sedangkan hubungan jangka panjang, akan berlangsung  dalam waktu yang lama. Semakin lama semakin banyak “investasi” yang ditanamkan didalamnya. Misalnya berupa emosi atau perasaan, materi, waktu, komitmen dan sebagainya, karena “investasi” yang ditanam itu banyak, maka semakin besar usaha dia untuk mempertahankannya. Ketika hubungan yang berlangsung lama atau jangka panjang tersebut masuk kedalam tingkat kedalaman atau keintiman, yaitu hubungan biasa dan hubungan akrab atau intim. Hubungan biasa merupakan hubungan yang sama sekali tidak dalam, atau hanya menjadi teman, tetapi ketika hubungan tersebut semakin dalam atau intim, maka akan semakin besar kemungkinan terjadi penyingkapan diri tentang hal-hal yang sifatnya pribadi.

Sedangkan jika dilihat dari segi intrapersonal, setelah seseorang telah mengetahui minat ataupun bakat yang dipunya atau diinginkan, maka orang tersebut mencari pengetahuan yang diinginkan kemudian mengeksplorenya. Tentu tidak ada salahnya jika ilmu yang telah didapatnya di coba kemudian setelah mengertian kemudian di share ke teman-temannya.

Untuk mencari minat dan bakat dikaskus, ada banyak forumnya. Jika seseorang ingin mencari tahu tentang desain, maka masuklah ke subforum all about desain. Jika seseorang ingin mengetahui tentang kesehatan, maka masuk ke health & Medical. Sebenarnya masih banyak lagi furum dan subforum yang sangat menarik di kaskus, tinggal bagaimana seseorang mengeksplorenya. Jika sudah mememukan minat, maka tinggal mencari thread yang menarik kemudian memberikan komentar, tapi jika ingin memberi komentar, seseorang harus mempunyai akun. Dan jika sudah mengenal  dengan penghuni didalamnya, maka akan sangat menarik dan bahkan ada seseorang yang rela komputernya tidak dimatikan berhari-hari atau berbulan-bulan, hanya karena ingin tau tentang kabar selanjutnya atau menunggu balasan dari komentar sebelumnya.

Sumber:

http://www.kaskus.co.id/forum

http://id.scribd.com/doc/111540308/Hubungan-Interpersonal-Dan-Internet