Keberadaan internet sebagai sebuah jaringan raksasa yang menghubungkan berjuta-juta komputer di dunia, tidak saja sekedar berfungsi sebagai medium tukar menukar informasi secara cepat dan murah semata, namun telah menjadi sebuah gudang informasi dan pengetahuan yang tak ternilai harganya. Dengan berkembangnya kuantitas pemakai komputer dan meningkatnya jumlah pengguna internet, maka nilai manfaat dari internet sebagai pusat informasi dan ilmu pengetahuan pun bertambah. Contohnya dalam hal informasi lowongan kerja. Jika dulu pencarian informasi lowongan kerja terbatas pada info dari relasi, surat kabar cetak seperti koran dan majalah, kini berkembang dan merambah ke media online atau internet melalui berbagai online career site. Bagi beberapa perusahaan pencari tenaga kerja, online career site ini menjadi salah satu andalan utama untuk mencari kandidat yang mereka butuhkan. Karena jika dibandingkan exposure di koran terbatas dengan waktu yaitu sekitar 1-2 hari saja dan kapasitas informasinya juga terbatas oleh kolom dan halaman, sedangkan di online career site lebih searchable sampai beberapa bulan setelahnya serta kapasitas informasinya juga lebih banyak. Apalagi jika rata-rata kandidat yang mereka incar memang yang melek internet.

Bagi para  pencari kerja/ Job seeker keuntungan dari keberadaan online career site adalah mereka bisa mendapatkan informasi yang lebih beragam. Misalnya bisa mencari pekerjaan mulai dari yang fulltime, partime, hingga freelance. Para pencari kerja juga dimudahkan dengan search engine dimana mereka bisa mencari info lowongan kerja dengan menyesuaikan jenis pekerjaan, lokasi, jabatan dan pilihan lain sesuai kebutuhan yang mereka inginkan. Efisiensi waktu dan biaya adalah salah satu alasan lain bagi para job seeker menggunakan online career site, seperti lamaran yang dikirim bisa dengan mudah, cepat, dan langsung dikirim ke perusahaan yang dituju bahkan dalam hitungan detik. Para job seeker juga dapat menerima pemberitahuan otomatis untuk lowongan-lowongan yang cocok dengan resume mereka. Informasi lowongan kerja yang sesuai dengan Curicullum Vitae (CV) job seeker juga dapat diterima secara gratis dan cepat, andaikata mereka belum memiliki CV, mereka bisa membuatnya secara online langsung pada online career site  atau bisa juga mengunggah (meng-upload) CV yang sudah mereka miliki ke online career site. Tidak hanya itu, sebagian besar online career site juga menyediakan layanan Job Alert, yaitu kiriman informasi lowongan kerja langsung ke e-mail pribadi serta pengguna juga mendapatkan email balasan berupa pemberitahuan (notifikasi) dari situs ini mengenai pekerjaan yang telah dilamar oleh user/ pengguna melalui layanan situs ini. Dengan demikian para job seeker bisa meyakinkan diri bahwa lamaran telah masuk (terkirim) ke email perusahaan yang dan mereka bisa melihat history lamaran yang telah mereka kirim.

Dari banyaknya jumlah online career site di Indonesia, penulis akan membandingakan 3 dari online career site yang menurut saya paling banyak dikunjungi yaitu JobsDB, Karir.com, Jobstreet.

  1. JobsDB

Kelebihan situs global penyedia informasi lowongan kerja ini selain menyediakan informasi lowongan kerja di  Indonesia, juga menyajikan berbagai informasi lowongan kerja dari beberapa negara, seperti Hong Kong, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Cina, Australia, India, Korea, Taiwan, Amerika Serikat. Yang tak kalah menarik adalah fasilitas pencarian yang sangat spesifik, antara lain nama perusahaan yang ingin dimasuki, bidang pekerjaan yang ingin diambil (fungsi), dan lokasi kerja (berdasarkan provinsi bahkan kabupaten).

Tampilan informasi pekerjaan didesain layaknya info lowongan kerja di majalah atau koran, yakni dicantumkan kop atau logo perusahaan dan alamat lengkap perusahaan.

Daftar pekerjaan di kolom beranda/ home lebih ringkas dari pada Jobstreet tetapi membuat user harus menjejalah lagi untuk menemukan spesifikasi pekerjaan

JobsDB menyediakan layanan Job Alert

Tampilan selanjutnya setelah user memilih (klik) salah satu lowongan adalah sebagai berikut

Jika berminat, user juga bisa melamar langsung (apply) pekerjaan yang ditawarkan melalui layanan quick apply. User hanya tinggal mengklik resume dan CV yang sudah di upload sebelumnya, sangat mudah dan cepat. User bisa menyimpan hingga 10 CV dan surat lamaran yang berbeda. Begitu juga dengan Job Alerts dan pencarian yang disimpan (pengguna bisa membuat hingga 10 Job Alerts yang berbeda).

Selanjutnya user juga mendapatkan notifikasi dari situs ini mengenai pekerjaan yang telah dilamar tersebut berupa rincian kemana diajukan lamaran tersebut serta Resume Summary si pelamar seperti di bawah ini.

Fasilitas lainnya adalah kolom artikel yang berisi tips dan artikel yang menarik dan informatif, campus network (Campnet) yang berisi kegiatan perekrutan semacam walking interview di area kampus, serta LearningDB yang merupakan perpanjangan dari JobsDB yang khusus menangani pelatihan dan pengembangan professional dan fresh graduate. Sayangnya bila kita surfing ke 2 menu tersebut kolom di menu utama tidak ditampilkan sehingga pengguna harus menggunakan tombol mengulang history sebelumnya.

Kekurangan lainnya adalah sistem user-interface yang sangat memanfaatkan new windows. Hal membuat navigasi menjadi tidak praktis  karena pengguna harus berpindah dari satu window ke window lainnya untuk mendapatkan informasi yang dicari.

 2.  Jobstreet

JobStreet.com Indonesia. Didirikan pada tahun 2006 .  Sama seperti JobsDB, JobStreet juga  menawarkan rangkaian lengkap layanan rekrutmen interaktif di negara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, India, Indonesia, Thailand dan Jepang. Bahasa yang digunakan oleh situs ini adalah bahasa Inggris. Tampilan informasi pekerjaanya tidak jauh berbeda dengan JobsDB yaitu didesain layaknya info lowongan kerja di majalah atau koran. Namun Jobstreet lebih memanjakan mata dengan memberikan pilihan display pada  jobs looking yaitu bisa ditampilkan secara detail (baris) atau secara kolom serta dapat di sort berdasarkan date, job little, company, years exp, location, salary

Untuk tampilan Jobs Alert, Jobstreet memilih desain vertical berbeda dengan JobsDB dan Karir.com. User dapat membuat tiga job alerts, dan frekuensi email alertnya (notifikasi) bisa dipilih secara harian, mingguan, atau tidak

Kolom Pribadi (My Jobstreet) didesain pada kolom terpisah disusun secara sejajar (horizontal) sehingga perlu berpindah dari satu kolom ke kolom lain.

Sedangakan pada JobsDB selain tersusun secara horizontal juga tersusun secara vertical. Meskipun tampilan My JobsDB menjadi sedikit “ramai” dengan adanya desain vertical, namun ini menjadi semacam ringkasan dari apa yang terdapat di My JobsDB memudahkan user melihat secara sekilas data-data yang ada.

Jobstreet dilengkapi dengan sistem Auto Log Out , yaitu apabila user sudah sudah dalam keadaan login tapi tidak terdapat aktifitas penggunaan dalam periode tertentu maka sistem Auto Log Out akan berfungsi secara otomatis. Fungsi keamanan Auto Log Out ini dapat memberikan peningkatan keamanan terhadap aplikasi dan menghindari penyalahgunaan dari pihak lain.

Fasilitas lain dari situs ini adalah Ada menu JobStreet English Language Assessment dimana pengguna bisa mengasah kemampuan bahasa Inggris melalui soal-soal pilihan ganda.

 3.  Karir.com

Berbeda dari tiga online career site lainnya (JobsDB, Jobstreet, Indojobnews) pada karir.com beranda/ home terdapat pada awal situs ini di akses, saat pengguna sudah login maka beranda tersebut tidak namak. Berbeda dari dua online career site di atas, Karir.com menawaran pekerjaan di wilayah Indonesia saja. Tampilan informasi pekerjaanya berbeda dengan JobsDB dan Jobstreet karena Karir.com tidak menyertakan logo perusahaan namun rincian informasinya lebih lengkap dibanding kedua online career site tersebut  karena mencantumkan persyaratan, gaji yang ditawarkan, dll.

Di situs ini, memiliki fitur “Pertanyaan penyaringan”. Fitur ini membantu perusahaan menyaring lamaran yang masuk. Perusahaan dapat membuat maksimal 5 pertanyaan yang wajib dijawab oleh pelamar

Ada Menu Premium Service => Auto Apply dimana tiap kali di situs ini ada lowongan yang sesuai dengan kriteria, resume dan surat lamaran akan terkirim secara otomatis ke perusahaan yang membuka lowongan tersebut. Caranya, user harus mendaftarkan diri sebagai anggota premium service, biaya keanggotaan tergantung pada masa berlangganannya. User dapat menggunakan menu “Blokir/Buka Blokir Perusahaan” agar resume tidak terkirim secara otomatis ke perusahaan yang tidak diinginkan. Sebagai anggota premium service, user juga akan mendapatkan laporan status lamaran seperti contoh di bawah ini:

Tanggal Posisi Perusahaan Melamar via Status
(hanya untuk
anggota premium)
10 Maret 2012 Kepala bagian akuntansi PT Trinet Pacific International Online
Resume terkirim
10 Maret 2012 Manajer akuntansi Garudafood Auto-apply
Telah dilihat perusahaan
10 Maret 2012 Akuntan senior Orang Tua Group Ponsel
Telah dikirimi email oleh perusahaan
10 Maret 2012 Senior manajemen akuntansi Gramedia Majalah Auto-apply
Telah dilihat perusahaan
10 Maret 2012 Asisten manajer akuntansi PT Bank Niaga, Tbk Auto-apply
Telah dikirimi email oleh perusahaan

Karir.com mengembangakan layanannya melalui karir klasika. Karir klasika adalah sebuah program layanan iklan baris dari karir.com dimana selain informasi karir dan pendidikan, kursus, Anda bisa berpartisipasi dalam memasarkan iklan produk dan jasa, undangan acara, sampai peluang bisnis secara online dan gratis. Disini memungkinkan kita untuk bertukar info, berpromosi dan mengiklankan produk dan jasa. Pencarian dipermudah dengan adanya pengelompokan berdasarkan area sehingga pencarian menjadi lebih mudah.

Ketiga online career site yang telah saya bahas tersebut mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing namun tujuannya sama yaitu memfasilitasi para job seeker dalam hal mencari pekerjaan dan membantu perusahaan dalam mencari kandidat pegawai yang mereka cari. Bagi para job seeker banyak sekali online career site  yang bisa dimanfaatkan selain tiga online career site tersebut. Yang perlu diingat adalah selalu berhati-hati dalam memilih perusahaan dan waspada terhadap penipuan. Good Luck !!!!

REFERENSI:

http://id.jobsdb.com/id
myjobstreet-id.jobstreet.co.id
http://www.karir.com/
http://kangbayu.multiply.com/journal/item/989/Perbandingan_Situs_Lowongan_Kerja_di_Indonesia?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem