Malam keakraban (makrab) adalah sebuah acara yang diselenggarakan oleh mahasiswa untuk mendekatkan mahasiswa baru (maba) dengan mahasiswa lama (senior). Tujuan acara ini baik atau tidaknya tergantung dari panitia dan peserta. Saya sendiri menilai acara ini baik dan sangat bermanfaat karena sesuai dengan namanya yaitu malam keakraban, dimana junior bisa lebih dekat lagi dengan senior. Dengan adanya acara ini jarak kesenjangan antara senior akan berkurang atau bahkan senioritas bisa terhapuskan.

Selain itu acara ini bisa untuk ajang bertukar pikiran atau bertukar informasi, mulai dari sesama angkatan ataupun berbeda angkatan, ataupun bisa juga sebagai ajang mencari jodoh (hahaha). Untuk melaksanakan acara ini secara resmi memang cukup susah karena harus izin kesana, izin kesini dan harus di setujui pihak ini, pihak itu. Susunan acara, susunan panitia, biayanya pun harus jelas.
Pernah suatu ketika saya mengikuti kegiatan tersebut, namun hasilnya sangat tidak memuaskan karena peserta tidak diberi susunan acara secara detail. Setelah saya mengetahui susunan acara tersebut ternyata tidak sesuai dengan yang diberikan, semua acara jadi molor. Untuk makanan yang disediakanpun tidak memuaskan, mulai dari nasi yang belum matang sampai dengan air minum yang habis ketika sangat dibutuhkan. Seksi konsumsi benar-benar tidak bersahabat dan tidak professional. Kejadian tersebut sangat disesali karena sebagian peserta dirugikan dengan kejadian tersebut.

Saya sangat berharap untuk makrab yang selanjutnya jangan sampai terjadi hal serupa. Sebelum pelaksanaan acara tersebut panitia diharapkan melakukan persiapan secara matang agar acara bisa berjalan dengan sukses. Sedangkan untuk peserta ambilah recehan orang tuamu agar tidak sengsara dalam acara tersebut (hahaha) kidding.

Referensi :

pengalaman pribadi