Latest Entries »

psikoterapi

PENGERTIAN & TUJUAN PSIKOTERAPI

Psikoterapi merupakan salah satu diantara metode intervensi. Istilah psikoterapi berasal dari dua kata yaitu “psiko” yang berarti kejiwaan atau mental dan “terapi“ yaitu penyembuhan. Prawitasari (dalam Ardani, Rahayu dan sholichatun, 2007) mengatakan bahwa psikoterapi adalah proses formal interaksi antara dua orang atau lebih, dengan salah satu berposisi sebagai “penolong” dan yang lainnya sebagai “yang ditolong” dengan tujuan perubahan atau penyembuhan.

Psikoterapi digambarkan oleh korchin (dalam Ardani, Rahayu, dan Sholichatun, 2007) sebagai penerapan teknik-teknik psikologi oleh seorang klinisi untuk mengakhiri pencarian perubahan kepribadian atau prilaku dari seorang clien. Corsini (dalam Ardani, Rahayu, dan Solichatun, 2007) disisi lain mengungkapkan psikoterapi sebagai suatu proses formal dan interaksi antara dua pihak. Setiap pihak biasanya terdiri dari satu orang tetapi ada kemungkinan terdiri dari dua orang lebih dengan tujuan memperbaiki keadaan yang tidak menyenangkan atau distress pada salah satu dari kedua pihak karena adanya ketidakmampuan atau malfungsi pada salah satu fungsi berikut : fungsi kognitif, afektif atau perilaku.

View full article »

Tes psikologi yang berada di kaskus, sebagian atau contoh kecil dari contoh “bocor”nya tes psikologi. Tentu sudah menjadi rahasia umum jika tes psikologi ini semakin sulit untuk dirahasiakan, karena dengan melalui internet, kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet.

Walaupun hanya karena rasa penasaran yang tinggi akan bentuk atau model tes psikologi, atau juga kebutuhan akan ilmu psikologi yang semakin meningkat, baik dalam dunia pendidikan maupun pekerjaan, orang-orang berlomba-lomba untuk belajar tentang psikologi, latihan psikotes dan berbagai hal lain yang berkaitan dengan tes psikologi.

Pemakaian yang dianggap sudah terlalu sering, akhirnya user menjadi jenuh dalam pemakaiannya dan menimbulkkan efek pembelajaran bagi subjek. Di samping itu penggunaanya yang sering dimaksudkan untuk kepentingan seleksi menyebabkan orang-orang berusaha untuk mempelajari tes tersebut dan kerahasiaan tes psikologi juga memang sudah sangat sulit untuk dikontrol. Kondisi ini dilatarbelakangi oleh kedua faktor tadi, yaitu frekuensi pemakaian yang sudah terlalu tinggi dan kerahasiaannya yang sulit dikontrol.

Jika melihat syarat alat tes yang baik adalah alat tes tersebut harus terus menerus dievaluasi penggunaannya. Hal ini sesuai dengan sebuah tes yang telah dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama, memang memerlukan pengujian ulang untuk melihat sejauh mana tes tersebut masih dapat digunakan sebagai alat ukur yang handal, dan pengembangan tes psikologi juga harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut.

View full article »

Jika dilihat dari interpersonal, maka akan terlihat ruang lingkup perteman seseorang. Didalam web kaskus, ada yang namanya kopdar atau bisa dikatakan kopi darat. Kopi darat ini bisa diartikan pertemuan didunia nyata atau didarat. Dalam pertemuan ini biasanya mereka bertemu dalam bakat, minat yang sama, atau bahkan mencari jodoh. Yang pada akhirnya akibat dari pertemuan ini, seseorang bisa menambahkan seorang teman, walaupun sebelumnya belum dia kenal sama sekali. Hubungan tersebut masuk kedalam hubungan sosial yang tidak terbentuk dengan tujuan untuk menyelesaikan suatu tugas yang tidak dapat dikerjakan oleh individu sendirian, misalnya menyelesaikan tugas kantor, kampus, atau sekolah, hubungan ini terbentuk (baik secara personal maupun sosial).

Hubungan intrapersonal ini ada jangka waktunya juga, entah jangka waktu pendek ataupun hubungan jangka panjang. Hubungan jangka pendek merupakan hubungan yang hanya berlangsung sebentar. Misalnya dia telah menambahkan teman yang sebelumnya tidak dia kenal, lalu kemudian dia hapus pertemanannya atau orang lain yang menghapus pertemanannya.

Sedangkan hubungan jangka panjang, akan berlangsung  dalam waktu yang lama. Semakin lama semakin banyak “investasi” yang ditanamkan didalamnya. Misalnya berupa emosi atau perasaan, materi, waktu, komitmen dan sebagainya, karena “investasi” yang ditanam itu banyak, maka semakin besar usaha dia untuk mempertahankannya. Ketika hubungan yang berlangsung lama atau jangka panjang tersebut masuk kedalam tingkat kedalaman atau keintiman, yaitu hubungan biasa dan hubungan akrab atau intim. Hubungan biasa merupakan hubungan yang sama sekali tidak dalam, atau hanya menjadi teman, tetapi ketika hubungan tersebut semakin dalam atau intim, maka akan semakin besar kemungkinan terjadi penyingkapan diri tentang hal-hal yang sifatnya pribadi.

Sedangkan jika dilihat dari segi intrapersonal, setelah seseorang telah mengetahui minat ataupun bakat yang dipunya atau diinginkan, maka orang tersebut mencari pengetahuan yang diinginkan kemudian mengeksplorenya. Tentu tidak ada salahnya jika ilmu yang telah didapatnya di coba kemudian setelah mengertian kemudian di share ke teman-temannya.

Untuk mencari minat dan bakat dikaskus, ada banyak forumnya. Jika seseorang ingin mencari tahu tentang desain, maka masuklah ke subforum all about desain. Jika seseorang ingin mengetahui tentang kesehatan, maka masuk ke health & Medical. Sebenarnya masih banyak lagi furum dan subforum yang sangat menarik di kaskus, tinggal bagaimana seseorang mengeksplorenya. Jika sudah mememukan minat, maka tinggal mencari thread yang menarik kemudian memberikan komentar, tapi jika ingin memberi komentar, seseorang harus mempunyai akun. Dan jika sudah mengenal  dengan penghuni didalamnya, maka akan sangat menarik dan bahkan ada seseorang yang rela komputernya tidak dimatikan berhari-hari atau berbulan-bulan, hanya karena ingin tau tentang kabar selanjutnya atau menunggu balasan dari komentar sebelumnya.

Sumber:

http://www.kaskus.co.id/forum

http://id.scribd.com/doc/111540308/Hubungan-Interpersonal-Dan-Internet

Psikologi adalah ilmu yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan baik dari segi sosial, pendidikan, industri, maupun dari kalangan sebuah keluarga. Psikologi juga memiliki tiga fungsi sebagai ilmu yaitu:
  • Menjelaskan, yaitu mampu menjelaskan apa, bagaimana, dan mengapa tingkah laku itu terjadi. Hasilnya penjelasan berupa deskripsi atau bahasan yang bersifat deskriptif
  • Memprediksikan, Yaitu mampu meramalkan atau memprediksikan apa, bagaimana, dan mengapa tingkah laku itu terjadi. Hasil prediksi berupa prognosa, prediksi atau estimasi
  • Pengendalian, Yaitu mengendalikan tingkah laku sesuai dengan yang diharapkan. Perwujudannya berupa tindakan yang sifatnya preventif atau pencegahan, intervensi atau treatment serta rehabilitasi atau perawatan.

View full article »

Pengertian Sistem Pakar

     Sistem pakar atau expert sistem adalah sebuah perangkat lunak komputer yang memiliki basis pengetahuan untuk domain tertentu dan menggunakan penalaran inferensi menyerupai seorang pakar dalam memecahkan masalah.

     Pada dasarnya definisi di atas sama dan secara umum dapat disimpulkan bahwa sistem pakar merupakan program komputer yang bertindak sebagai konsultan. dengan adanya sistem pakar. seseorang pemakai dapat berkonsultasi dalam memcahkan masalah layaknya berkonsultasi langsung dengan seorang pakar sesui dengan domain masalah tertentu yang diinput ke dalam sistem pakar tersebut. pengetahuan yang digunakan dalam sitem pakar khusus untuk satu problem domain sebagai kebalikan dari pengetahuan tentang teknik pemecahan masalah pada umumnya.

     Dalam melakukan pemecahan masalah, sistem pakar melakukannya sama seperti kita berkonsultasi dengan pakar langsung yakni dengan memberikan beberapa pertanyaan yang harus dijawab dengan jujur oleh pemakai. dan dari jawaban itu barulah akan dihasilkan suatu kesimpulan yang meruakan informasi atau solusi yang ditawarkan sistem pakar kepada pemakai.

     Pada dasarnya definisi di atas sama dan secara umum dapat disimpulkan bahwa sistem komputer yang bertindak sebagai konsultan. Dengan adanya sistem pakar, seseorang pemakai dapat berkonsultasi dalam memecahkan masalah layaknya berkonsultasi langsung dengan seorang pakar sesuai dengan domain masalah tertentu yang diinput ke dalam sistem pakar tersebut. Pengetahuan yang digunakan dalam sistem pakar khusus untuk satu problem domain sebagai kebalikan dari pengetahuan tentang tehnik pemecahan masalah pada umumnya.

View full article »

Udah lama nih ga nulis blog….

Emmmnn mau nulis apa ya?…bingung nih…

Ahh sekali-kali bikin tulisan yang bahasanya non formal ya.

Gua mau cerita tentang kehidupan baru gua ini. Loh kok kehidupan baru, emang lo baru lahir apa gimana? hahahaha, bukan gitu, kemaren-kemaren gua mendapat bencana besar dan beruntung masih selamat. Lah bencana besar gimana dah ya?….ya gitu deh, udah lah ga usah dibahas, nanti bisa panjang, bahkan bisa kali lebar kali tinggi juga, nah loh.

Langsung ketulisan aja ya. Waktu itu kejadiannya kapan ya?, kira-kira setelah jam kuliah selesai deh, gua kan biasanya kaga langsung pulang kerumah tuh. Nongkrong dulu sama bocah yang laen. bocah yang lain, yang masih sekelas juga sih…hahahaha…

View full article »

Ketika itu, hampir empat hari saya tak sadarkan diri di rumah sakit, badan terbaring lesu, serasa tak punya harapan untuk hidup. Seluruh badan terasa sakit hingga serasa tak ada satupun celah untuk di obati. Teman, saudara jauh maupun dekat terus mengunjungiku, tetapi tak ada satupun yang saya hiraukan, sehingga akhirnya mereka silih berganti, datang dan pergi sesuka hati. Apa, apa yang terjadi denganku? apakah ini akhir dari sebuah kehidupanku? atau apakah ini awal dari kehidupan?. Pahit,benar-benar terasa pahit, dan sakitpun terus menghantui, serasa mereka sudah mendarah daging di tubuhku. Siapa? siapa yang harus pertama kali saya tanyakan?, siapa yang pertama kali harus saya salahkan?, Kapan, kapan saya akan pulih dan bangkit dari keadaan ini?. Semua pertanyaan-pertanyaan tersebut terus terbayang di dalam otak dan hati, ingin sekali rasanya terucap dari mulut ini.

View full article »

Entah mengapa selalu saja ada masalah terhadap barang-barang pribadi, mungkin karena barang-barang tersebut sering digunakan. Mungkin jika barang yang dibeli tidak dipakai atau setidaknya sering beristirahat, kemungkinan besar tidak akan rusak. Tapi klo dipikir-pikir, percuma juga membeli barang tapi tidak digunakan, hahahaha. Kadang-kadang saya juga berfikir lebih mudah untuk membeli barang dari pada untuk merawatnya, saya juga pernah mengkalkulasikan, ternyata harga perbaikan bisa melebihi dari harga beli. Untuk merawat barang yang saya punya merupakan usaha yang sangat besar, padahal sebenarnya sudah saya jaga sebaik mungkin agar barang terebut tidak rusak, tetapi kenyataannya tetap saja saya kecolongan, entah itu karena faktor cuaca atau karena kecerobohan orang lain, atau karena faktor yang tak terprediksikan.

View full article »

Saya terinspirasi menulis tema sahabat, karena baru pertama kalinya saya menemukan fungsi sahabat yang benar-benar bermakna dalam hidup saya. Apa perbedaan sahabat dengan teman?, klo menurut saya sahabat adalah orang yang kita kenal sudah lama, yang sejak kita kecil, orang tersebut sudah hadir dalam kehidupan kita dan orang tersebut masih berkomunikasi dengan kita sampai saat ini, sedangkan teman adalah orang yang baru kita kenal dan belum mengetahui kehidupan kita secara detail.

View full article »

Keberadaan internet sebagai sebuah jaringan raksasa yang menghubungkan berjuta-juta komputer di dunia, tidak saja sekedar berfungsi sebagai medium tukar menukar informasi secara cepat dan murah semata, namun telah menjadi sebuah gudang informasi dan pengetahuan yang tak ternilai harganya. Dengan berkembangnya kuantitas pemakai komputer dan meningkatnya jumlah pengguna internet, maka nilai manfaat dari internet sebagai pusat informasi dan ilmu pengetahuan pun bertambah. Contohnya dalam hal informasi lowongan kerja. Jika dulu pencarian informasi lowongan kerja terbatas pada info dari relasi, surat kabar cetak seperti koran dan majalah, kini berkembang dan merambah ke media online atau internet melalui berbagai online career site. Bagi beberapa perusahaan pencari tenaga kerja, online career site ini menjadi salah satu andalan utama untuk mencari kandidat yang mereka butuhkan. Karena jika dibandingkan exposure di koran terbatas dengan waktu yaitu sekitar 1-2 hari saja dan kapasitas informasinya juga terbatas oleh kolom dan halaman, sedangkan di online career site lebih searchable sampai beberapa bulan setelahnya serta kapasitas informasinya juga lebih banyak. Apalagi jika rata-rata kandidat yang mereka incar memang yang melek internet.

View full article »

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.